Blog yang ditulis oleh Team 2 (CBH) X-5 Smanunggal

CARDIOVASCULAR SYSTEM - ANATOMI & FISIOLOGI JANTUNG

 

Pada Pembahasan kali ini, kita akan sama-sama belajar mengenai anatomi dan fisiologi jantung manusia!

Jantung merupakan salah satu organ vital yang dimiliki manusia. Organ ini berbentuk layaknya piramida yang berada di rongga dada sebelah kiri. Adapun fungsi utama pada jantung yaitu sebagai alat pemompa darah (mengalirkan daraj dari jantung ke seluarh jaringan tubuh), karena dua hal, yaitu:


Setelah melihat Video pembahasan tersebut, kita dapat meluaskan fungsi jantung yaitu sebagai pemenuhan nutrisi dan pengangkutan Berbagai komponen yang tidak dibutuhkan tubuh lagi seperti karbondioksida. Hal itu dapat terjadi karena adanya kontraksi jantung. Bagaimana cara jantung berkontraksi? Mari berlanjut pada pembahasan selanjutnya.

ANATOMI  JANTUNG (ATRIUM & VENTRIKEL)
Sebelum berlanjut pada fungsi jantung, kita harus tau mengenai apa saja bagian-bagian pada jantung. Seperti pada awal pembahasan, jantung terletak di dada sebelah kiri, dan berbentuk seperti piramida. Selain itu, jantung juga memiliki ruangan lhoo.  Apa sajakah ruangan yang ada pada jantung?

1. Atria
Atria ini merupakan ruangan yang ada pada jantung bsgian superior atau jantung bagian atas. Atria berasal dari kata 'entrance hall' atau 'ruang masuk'  maka dari itu, fungsi dari atria adalah rongga jantung yang merima darah dari pembuluh darah.  Atria ini merupakan kesatuan dari atrium kanan dan atrium kiri / serambi kanan dan serambi kiri. Otot pada Atria cenderung tipis karena untuk menerima darah masuk.

Nahh, seluruh pembuluh darah yang mengirim darah kearah jantung dinamakan pembuluh darah vena. Dan sebaliknya, seluruh pembuluh darah yang mengirim darah keluar dari jantunf disebut sebagai pembuluh arteri. Agar lebih jelas, lihat ilustrasi dibawah ini.

2. Ventrikel (bilik)
Jika Atria untuk darah masuk, maka ventrikel adalah kebalikannya. Ventrikel bertugas memompa darah keluar dari jantun, baik ventrikel kanan maupun ventrikel kiri. Kerna itu juga, ventrikel disebut sebagai pumping chamber (rongga pemompa). Ventrikel letaknya pada jantung lebih kebawah atau inferior. 


CARA KERJA JANTUNG
Mengatur keluar masuknya darah bukanlah hal yang mudah. Jantung terus memompa sepanjang waktu, walaupun kita sedang tertidur. Tahu kah kamu, bahwa jantung hanya berhenti berdetak saat kita sedang bersin? Oleh karena itu, kita sebaiknya mengucap syukur setelah bersin. Puji syukur kepada Tuhan yang masih melanjutkan detak kita.

Bagaimana cara kerja jantung?

Ingatkah kamu, fungsi dari atria? Ternyata walaupun atrium kanan dan kiri bertugas menerima darah, tetapi darah yang diterimanya berbeda lhoo. Atrium kanan menerima darah kotor dan atrium kiri menerima darah bersih. 

Perhatikan bagian atrium kanan. Itu adalah darah kotor (kaya CO2 dan miskin O2).
Vena yang mengantar darah ke atrium kanan, disebut sebagai superior vena cava (atas), inferior vena cava (bawah) dan coronary sinus (belakang).
Darah kotor tersebut kemudian akan dialirkan ke ventrikel kanan. Lalu ventrikel kanan akan memompa darah kotor untuk keluar dari jantung menuju paru-paru. (Darah yang kotor harus menuju paru-paru, karena jika dialirkan keseluruh jaringan tubuh, maka jaringan itu akan ikut kotor😯.)
Nah, ketika darah kotor sudah sampai ke paru-paru, darah kotor itu akan melepas CO2 di alveolus paru, dan menerima O2 agar dia menjadi darah yang bersih.
Arteri yang mengantar darah dari ventrikel kanan ke paru-paru disebut arteri pulmonalis kanan dan kiri
Selanjutnya, darah yang sudah bersih (kaya O2 miskin CO2) akan dikembalikan ke jantung atrium kiri.
Vena yang mengembalikan darah ke jantung dari paru-paru disebut vena pulmonalis.
Dari atrium kiri, darah akan mengalir ke ventrikel kiri kemudian ventrikel akan memompa lagi., Tetapi yang dipompa adalah darah bersih yang siap di edarkan ke seluruh jaringan tubuh kecuali paru-paru.
Arteri yang mengirim darah dari ventrikel kiri keseluruh tubuh kecuali paru disebut sebagai aorta. Dan aorta ini merupakan arteri terbesar dalam tubuh manusia.
Nah, selanjutnya darah ini akan menyedian oksigen dan berbagai nutrisi untuk tubuh kita, dan mengangkut zat-zat buangan yang diproduksi jaringan tubuh kita.

RUTE SINGKAT

• Sirkulasi Sistemik : ventrikel kiri - seluruh tubuh - atrium kanan
• sirkulasi pulmonal : atrium kanan, paru-paru, atrium kiri.

ILUSTRASI CARA KERJA JANTUNG



FUNGSI JANTUNG.
1. Memompa darah dari jantung keseluruh tubuh kecuali paru-paru
2. Memompa darah dari jantung ke paru-paru.
3. Membantu penyebaran oksigen dan nutrisi dalam tubuh

Segitu saja pembelajaran awal mengenai jantung, masih banyak yang harus kita ketahui tentang jantung, penyusun, dan sistemnya. Semoga materi ini dapat bemanfaat dan menambah wawasan kita.  Kritik dan saran dipersilahkan^^


Disusun oleh : Aisyha Nazaara Assha Septiandra (X5)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama