Blog yang ditulis oleh Team 2 (CBH) X-5 Smanunggal

PERAN DAN MANFAAT LEMBAGA PEMBIAYAAN DALAM EKONOMI MASYARAKAT





A. Peranan Lembaga Pembiayaan

Lembaga pembiayaan mempunyai peranan yang lebih penting, yaitu sebagai salah satu lembaga sumber pembiayaan alternatif yang potensial untuk menunjang pertumbuhan perekonomian nasional. Disamping peran tersebut, lembaga pembiayaan juga mempunyai peran penting dalam hal pembangunan, yaitu menampung dan menyalurkan aspirasi dan minat masyarakat, berperan aktif dalam pembangunan. Dimana lembaga pembiayaan ini diharapkan masyarakat atau pelaku usaha dapat mengatasi salah satu faktor yang umum dialami yaitu faktor permodalan.


B. Manfaat Lembaga Pembiayaan

Keberadaan perusahaan pembiayaan jelas memiliki manfaat bagi berbagai pihak yang membutuhkan, baik itu korporasi atau perorangan. Berikut beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui juga untuk melengkapi informasi seputar pengertian, contoh dan manfaat perusahaan pembiayaan.


1. Mempermudah Pembayaran dengan Sistem Angsuran

Anda dapat segera memiliki barang atau modal yang dibutuhkan sembari membayar secara bertahap. Sistem angsuran ini memungkinkan Anda bisa tetap menyeimbangkan pendapatan dengan pemenuhan kebutuhan yang lain dalam satu waktu.


2. Proses Pengajuan Mudah dan Cepat

Untuk dapat mengakses layanan perusahaan pembiayaan, Anda difasilitasi dengan mekanisme pengajuan yang mudah dan cepat. Ketentuan yang diberlakukan sangat ringkas dan mudah dipahami. Prosesnya juga singkat, sehingga Anda tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk mendapatkan barang atau modal yang dibutuhkan.


3. Memiliki Bunga Pinjaman yang Terjangkau

Besaran bunga pinjaman yang diberikan oleh perusahaan pembiayaan cukup beragam dan termasuk terjangkau. Bunga yang ditetapkan juga tetap mengacu pada rate suku bunga acuan dari Bank Indonesia (BI). Itu sebabnya, biaya yang harus Anda bayarkan juga tidak akan terlalu memberatkan Anda.


4. Menawarkan Fleksibilitas Waktu

Untuk setiap ajuan pembiayaan, Anda akan diberikan opsi atau skema waktu pelunasan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Semakin lama jangka waktu pelunasan yang Anda pilih, maka akan semakin kecil juga besar angsuran yang harus dibayarkan.


1 Komentar

  1. Artikel nya sudah bagus, tapi sepertinya masih belum lengkap.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama