Blog yang ditulis oleh Team 2 (CBH) X-5 Smanunggal

10 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi Menarik Di Indonesia

Berikut ini adalah 10 wisata edukasi yang sangat recomended untuk anda kunjungi pada momen liburan tahun ini: 

1. Museum Geologi, Bandung

    Museum Geologi yaitu salah satu museum yang sering dikunjungi dibanding dengan museum-museum lain di Indonesia. Di sini kita bisa mengenal dan menambah wawasan seputar dunia geologi seperti fosil, batuan, mineral dan lain-lain. 

     Alamatnya di jalan Diponegoro Nomor 57, Cihaur Geulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung.


2. Taman Nasional 


   Pilihan wisata edukasi Indonesia pertama yang bisa Anda kunjungi ialah taman nasional. Di taman nasional ini, Anda bisa melihat berbagai flora dan fauna yang dilindungi. Anda juga bisa melihat keindahan alam asli di sekitar taman nasional. Dilansir dari laman Wikipedia hingga saat jumlah taman nasional di Indonesia ada sekitar 55 tempat yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia. Anda bisa mengunjungi taman nasional yang mana saja sesuai dengan keinginan Anda.

3.Wisata Kota Tua di Jakarta 

    Wisata kota tua di ibukota ini menyimpan banyak sejarah lho! Cocok untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang Batavia di masa lampau. Mulai dari Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, hingga Stasiun Jakarta Kota yang telah ada sejak tahun 1929. Di sekitarnya juga ada beberapa bangunan kuno yang menarik untuk dijadikan spot foto. 

     Alamatnya di Jalan Pintu Besar Utara Nomer 27, Rt 07 / Rw 07, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta.


4. Planetarium dan Observatorium Jakarta

     Mau belajar tentang bintang, planet, dan ruang angkasa? Yuk langsung kunjungi Planetarium dan Observatorium Jakarta. Berdiri sejak tahun 1969, Planetarium ini menyediakan ruang pameran benda-benda ruang angkasa hingga pertunjukan teater bintang yang canggih. Tiket masuknya pun terjangkau, cocok untuk mengajak anak-anak maupun orang dewasa. 

      Alamatnya di Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini,, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10330.


5. Kidzania 

    Kidzania menghadirkan wisata miniatur kota mini, dimana anak-anak bisa bermain peran dan mencoba berbagai profesi, mulai dari menjadi dokter, pilot, kasir, pemadam kebakaran, dan masih banyak lainnya. Tujuannya untuk mengenalkan berbagai profesi yang ada dan merangsang minat anak untuk menemukan cita-cita mereka. 


6. Taman Mini Indonesia Indah

    Kalau belum bisa keliling Indonesia secara langsung, Anda bisa mencoba mengelilingi miniatur Indonesia di Taman Mini. Ada banyak atraksi yang bisa dilakukan, ditambah juga bisa belajar kebudayaan dan berkunjung ke anjungan rumah adat yang ada di Indonesia. Selain itu, ada juga beberapa museum yang bisa dikunjungi, seperti Museum Perangko, Museum Transportasi hingga Museum Listrik.


7. Taman Pintar Jogja

     Jogja memiliki pesona yang membuat banyak orang selalu jatuh hati untuk kembali. Mulai dari makanannya, budaya, edukasi, alam, hingga sejarahnya. Salah satu yang populer adalah Taman Pintar yang berada di kawasan Alun-Alun Jogja.

Taman ini dikelola langsung oleh pemerintah dan membantu anak-anak untuk memperdalam pengetahuan dengan cara yang seru. Setiap zona di dalam taman ini memiliki konsep yang berbeda-beda, mulai dari zona otomotif, zona replika, zona pengolahan minyak dan bumi, zona peristiwa alam, dan masih banyak lainnya.


8. Museum Angkut Malang

    Tak afdol rasanya kalau liburan ke Malang tanpa mengunjungi Museum Angkut. Lokasinya di daerah Batu, wisata edukasi ini cukup populer beberapa tahun belakangan. Anda bisa belajar tentang alat transportasi dari masa ke masa dari seluruh dunia. Museum Angkut ini ternyata menjadi satu-satunya tempat wisata dengan konsep angkutan umum di Asia Tenggara lho.


9. The Bagong Adventure

     Masih berlokasi di Batu, Malang, ada The Bagong Adventure atau Museum Bagong yang merupakan museum tubuh manusia. Jadi, Anda bisa belajar tentang anatomi tubuh manusia melalui beberapa zona yang tersedia. Terdiri dari 6 lantai, Anda juga bisa mengecek kondisi kesehatan secara langsung di zona The Value Adventure.


10. Wisata Rumah Puisi Taufik Ismail

      Sumatera Barat terkenal dengan kuliner yang lezat dan sejarah budaya yang masih kental. Nah, untuk Anda yang ingin wisata edukasi sastra, Rumah Puisi Taufik Ismail adalah tempat yang tepat. Berlokasi di Tanah Datar, Anda bisa belajar tentang karya-karya puisi sang sastrawan kenamaan, Taufik Ismail. Ada ribuan koleksi buku yang bisa dibaca di tenagh panorama pegunungan Merapi dan Singgalang 


    Beberapa tempat wisata edukasi di atas bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda membawa anak

-anak berlibur sambil belajar- 

Diunggah Oleh : 

Nayla Larasati Nur Wiradhi Putri X5

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama