Blog yang ditulis oleh Team 2 (CBH) X-5 Smanunggal

Cara mengenali perbedaan flu dan batuk

 



    Meski sama-sama menimbulkan gejala bersin, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat, flu dan batuk pilek merupakan dua kondisi yang berbeda. Perbedaan flu dan batuk pilek dapat terlihat dari virus penyebabnya dan juga tingkat keparahannya. 

    Flu atau influenza adalah infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus influenza. Batuk pilek dapat disebabkan oleh lebih dari 200 macam virus. Namun, virus yang paling sering menjadi penyebab batuk pilek adalah rhinovirus.

Beberapa gejala yang sering dialami oleh penderita flu yaitu : 

- sakit tenggorokan

- bersin'

-hidung tersumbat

-demam dengan suhu tubuh 38° atau bisa lebih

- rasa lemah dan lelah sehingga menyebabkan tidak ingin melakukan aktivitas lainnya


Perbedaan Flu dan Batuk Pilek dari Segi Komplikasi

    Flu memiliki gejala yang lebih serius daripada batuk pilek dan sering kali menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya. Salah satu komplikasi serius flu adalah infeksi paru-paru (pneumonia).

    Pada pneumonia, infeksi saluran pernapasan bagian atas bisa menyebar hingga ke paru-paru sehingga kantung udara di paru-paru mengalami peradangan dan terisi oleh cairan. Kondisi ini mengganggu pertukaran oksigen di paru-paru, sehingga menimbulkan gejala sesak napas yang dapat berakhir menjadi gagal napas.

Cara Mengobati Flu dan Batuk Pilek

    Flu dan batuk pilek sama-sama tidak membutuhkan antibiotik karena keduanya tidak disebabkan oleh infeksi bakteri. Kedua penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang dapat membaik dengan sendirinya bila daya tahan tubuh penderitanya kuat.

    Guna membantu penyembuhan, penderita flu atau batuk pilek biasanya disarankan untuk beristirahat dan minum air putih yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi.


Disusun oleh : Cahya Nurahmah

Kelas : x. 5

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama