Blog yang ditulis oleh Team 2 (CBH) X-5 Smanunggal

JENIS-JENIS LEMBAGA PEMBIAYAAN DI INDONESIA

 





























Jenis-Jenis Lembaga Pembiayaan

Setelah Anda mengetahui pengertian dari lembaga pembiayaan, ada baiknya jika Anda tahu jenis-jenis lembaga pembiayaan. Jenis dari lembaga pembiayaan sendiri beragam, dengan mengetahui jenisnya Anda bisa tahu kemana Anda mencari sumber dana untuk kebutuhan Anda.  Berikut ini adalah jenis lembaga pembiayaan yang perlu Anda tahu :

1. Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan yang satu ini disebut juga dengan Venture Capital Company. Perusahaan modal ventura memiliki fokus pada penyertaan modal suatu perusahaan dalam waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan tanpa agunan. Risiko kegagalan bukan ada pada debitur, namun terletak pada perusahaan modal ventura. Aktivitas perusahaan yang satu ini seperti penyertaan saham, profit dan pembagian hasil usaha dan terakhir adalah pembelian obligasi konversi.

2. Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Lembaga pembiayaan yang satu ini dibentuk untuk menyediakan dana bagi proyek infrastruktur. Ada beberapa aktivitas dari perusahaan pembiayaan infrastruktur seperti pinjaman subordinasi. Selain itu, ada juga pemberian pinjaman langsung untuk pembiayaan infrastruktur dan refinancing infrastruktur.

Perusahaan pembiayaan infrastruktur juga melakukan credit enhancement atau mendukung kredit. Misalnya menjamin pembiayaan infrastruktur, jasa konsultasi, dan berbagai macam aktivitas lainnya. 

3. Perusahaan Pembiayaan

Yang terakhir ada perusahaan pembiayaan. Perusahaan yang satu ini dibentuk untuk bisa melakukan leasing, anjak piutang, pembiayaan konsumen hingga usaha kartu kredit. Yang dimaksud dengan leasing adalah aktivitas usaha yang digunakan dalam bentuk modal barang. Aktivitas yang satu ini dijadikan sebagai objek transaksi yang menjadi hak milik lembaga pembiayaan selama masa perjanjian leasing tersebut berlaku.

Yang dimaksud dengan pembiayaan konsumen merupakan aktivitas pembiayaan dan menyediakan berbagai macam barang yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Barang yang dimaksud bisa elektronik, kendaraan bermotor, rumah dan lain sebagainya. Untuk sistem pembayaran adalah angsuran atau cicilan yang tenornya bisa disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan konsumen.

Anjak piutang sering disebut dengan factoring. Kegiatan pembiayaan yang satu berupa pembelian piutang dagang perusahaan dalam jangka pendek. Didalamnya juga termasuk kepengurusan piutang itu. Anjak piutang yang satu ini bisa dilakukan dengan menggunakan jaminan atau tidak. 

Yang terakhir adalah usaha kartu kredit, yakni pembelian barang dengan menggunakan kartu. Nantinya pengguna harus membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Penyediaan kartu kredit yang satu ini juga mengikuti peraturan Bank Indonesia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama